0

Inilah 5 Masjid Mengagumkan Yang Ada Di China

Posted by TheDierenz on June 6, 2016 in China, Islam, Travel |
header niko 728 x 90

 

Ketika Kamu melihat atau mendegar tentang China, hal pertama yang mungkin datang ke pikiran adalah Jet Li berlatih Kung-Fu di sebuah kuil Shaolin . Tapi apakah Kamu tahu bahwa China adalah rumah bagi sekitar 23,3 juta Muslim? Dan jumlah ini bisa dikatakan jumlah yang cukup banyak jika dibandingkan dengan negara-negara muslim lainnya. Menurut Muslim tradisional Cina, Islam pertama kali diperkenalkan ke Cina di 616-18 AD oleh Sahabat dari Nabi Muhammad SAW yaitu Sa’ad bin Abi Waqqas, Sayid, Wahab bin Abu Kabcha dan Wahab bin Abu Kabcha. Jadi, tidak mengherankan bahwa China adalah rumah bagi beberapa masjid tertua di dunia. Dan inilah 5 Masjid mengagumkan yang ada di China.

1. Masjid Id Kah

Masjid Kah Id (Id Kah berarti ‘tempat berdoa dan merayakan di festival’) terletak di Kashgar, Xinjiang Uigur daerah otonom dan merupakan masjid terbesar di China. Dibangun pada 1442 sebagai struktur yang sangat kecil, telah direnovasi berkali-kali tetapi tetap mempertahankan gaya etnik yang kuat dan fitur Islami.

Saat ini, masjid menempati 16.800 meter persegi yang terdiri dari halaman, ruang doa dan menara gerbang, serta struktur menghubungkan lainnya.

Ribuan jamaah datang ke sini setiap hari untuk berdoa dan setiap Jumat sore, jamaah dari seluruh wilayah datang untuk salat Jumat. Juga selama festival keagamaan, semua umat Islam di Xinjiang Uighur Daerah Otonomi datang ke tempat suci ini untuk merayakan.

Ada biaya masuk yang dikenakan dan sangat terbatas jam berkunjung, jadi pastikan kamu tiba di sana pada waktunya. Tentu saja, jika kamu Muslim, kamu dipersilakan untuk berdoa kapan saja.

Tiket Masuk: CNY 20
Jam Buka: 8:50-10:00
Alamat: Jiefang North Road, Kashi 844500, Cina

2. Great Mosque of Xi’an

Masjid Xi’an adalah salah satu masjid tertua di China, dibangun pada tahun 742 selama Dinasti Tang (618-907). Meskipun Masjid Xi’an Besar dibangun selama Dinasti Tang, sebagian besar dari apa yang kamu lihat hari ini dibangun selama Dinasti Ming dan lebih diperluas selama Dinasti Qing.

Tidak seperti Masjid Id Kah, Masjid Xi’an benar-benar ‘Cina Banget’ dalam gaya konstruksi dan arsitektur, kecuali untuk beberapa dekorasi kaligrafi Arab. Bahkan, kamu akan dimaafkan jika mengira masjid ini adalah sebuah kuil pada pandangan pertama.

Ada biaya masuk yang dibebankan untuk bisa memasuki kawasan masjid, tapi seperti biasa, jika kamu seorang Muslim, kamu bebas untuk berdoa kapan saja.

Tiket masuk:
1 Maret – 30 November – CNY 25;
1 Desember untuk akhir Februari mendatang – CNY 15
Alamat: Huajue Alley, Xincheng District, Xian 710043, Cina

3. Emin Minaret

Emin Minaret atau Imin Ta berdiri di samping Masjid Uyghur yang terletak di Turfan, Xinjiang. Mesjid ini berupa menara dengan tinggi 44 meter dan merupakan menara tertinggi di Cina. Seperti ceritanya, Kekaisaran Qing menaklukkan wilayah yang sebagian besar Muslim ini pada tahun 1750 setelah mengalahkan Dzungar Mongol.

Orang-orang Uyghur di bawah Emir Khoja bergabung dengan Kekaisaran Qing untuk menerima perlindungan dari Mongol Dzungar. Qing Empire sangat toleran terhadap Islam dan memerintah penduduk dengan tangan ringan.

Menara ini mulai dikonstruksi pada tahun 1777 selama Kaisar Qianlong (1735-1796) dan selesai setahun kemudian. Menara ini dibangun untuk menghormati eksploitasi umum Turpan lokal, Emin Khoja, di mana menara itu dinamai. Lokasinya terletak di sepanjang Jalan Sutra kuno di dekat lokasi Buddha Gua Bezeklik Seribu.

Mungkin pada awalnya kamu akan mengira masjid ini sebagai masjid di Timur Tengah. Itu karena ini adalah wilayah mayoritas Uighur, di mana Uyghur tidak terkait etnis dengan Cina, melainkan lebih dekat terkait dengan budaya Turki.

Jika kamu Muslim, maka kamu bebas untuk masuk dan berdoa. Jika tidak biaya masuk berlaku.

Tiket Masuk: CNY25
Jam buka: 08:30-20:00 tetapi ditutup selama sesi doa.
Alamat: Munage Village, Putao Negara, Turpan 838000, Cina

4. Niujie Mosque, Beijing

Masjid Niujie dibangun pada tahun 996 selama Dinasti Liao. Serupa dengan Masjid Xi’an Besar, Masjid Niujie dibangun oleh komunitas Muslim Cina lokal menggunakan Arsitektur tradisional Cina.

Masjid ini pada awalnya dirancang oleh Nazaruddin, anak seorang Imam. Setelah dihancurkan oleh tentara Genghis Khan pada 1215, Masjid dibangun kembali pada 1443 selama Dinasti Ming.

Masjid Niujie sering digunakan oleh Pemerintah Republik Rakyat China sebagai tempat tujuan untuk delegasi dari negara-negara Islam. Hal ini juga populer di kalangan baik Han dan Hui wisatawan Cina dari seluruh Cina yang datang untuk mengunjungi masjid.

Biaya masuk: CNY 10
Jam buka: 08:00-04:00
Alamat: No.18 Niujie Street, Xicheng District, Beijing 100053, Cina

5. Huaisheng Mosque, Guangzhou

Juga dikenal sebagai Masjid Lighthouse, Masjid Huaisheng adalah masjid utama di Guangzhou. Masjid ini dibangun kembali berkali-kali sepanjang sejarah dan diyakini dibangun 1.300 tahun yang lalu, yang membuatnya jadi salah satu masjid tertua di dunia.

Naskah Muslim Cina menyatakan bahwa masjid ini dibangun pada 627AD oleh Saa`d bin Abi Waqqas yang merupakan paman Nabi Muhammad SAW, dan seharusnya datang pada misi Muslim pertamanya ke China pada 620s.

Untuk orang Cina, fitur yang paling tidak biasa dari masjid adalah menara, yang biasanya setinggi 36 meteran menara bulat tinggi dengan ujung runcing. Menara mungkin telah menjadi semacam mercusuar bagi kapal, yang menjelaskan darimana ia mendapat namanya (Guangta, secara harfiah berarti “menara cahaya”).

Nama lainnya, Masjid Huaisheng berarti “menghargai suci” atau “menghargai orang bijak”, mungkin merujuk kepada Nabi Muhammad SAW.

Karena dibangun oleh orang dari zaman Nabi Muhammad SAW sendiri adalah alasan masjid ini perlu menjadi daftar tempat untuk dikunjungi ketika kamu berada di wilayah tersebut.

Masuk ke masjid hanya untuk umat Islam dan kelompok tur. Tur biasanya memakan waktu sekitar setengah jam.

Jam buka: 08:30-05:00
Alamat: No.55 Guangta Road, Guangzhou 510180, China.

Itulah 5 mesjid mengagumkan dan terkenal yang ada di China. Semoga informasi ini bisa bermanfaat yaa 🙂

Sumber : HHWT

Baca juga —> Cara Agar tetap Fit & Produktif Selama Ramadhan 

Baca juga —> Bisnis Online Jangka Panjang Yang Menguntungkan 

BANNER FREE MEMBER

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015-2017 Hello, Terima Kasih Sudah Berkunjung ^^ All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.5, from BuyNowShop.com

Ingin bergabung dengan komunitas/kelas bisnis online Klik Disini